Antara Aku, Kamu, dan Line@

Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada mempunyai delapan Badan Kegiatan Mahasiswa (BKM). Di zaman yang semakin modern ini tentunya para pengurus BKM ini tidak mau ketinggalan zaman.

Tiga tahun belakang, salah satu sosial media yang sedang naik daun adalah Line. Salah satu layanan terbaru dari Line yang memudahkan dalam penyebaran informasi adalah Line@ atau Official Account (OA). Tercatat ada enam BKM di Fakultas Psikologi UGM yang telah membuat OA yaitu, Repsigama, LM, Psikomedia, Palapsi, KRST, dan KMP. Setiap BKM mempunyai tujuan dan cara pengelolaan tersendiri yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tujuan paling utama dalam pembuatan OA BKM adalah penyebaran informasi yang lebih mudah dan efisien. Dengan membuat OA, diharapkan nama BKM tersebut semakin populer di kalangan mahasiswa tidak hanya psikologi. Hampir semua BKM menggunakan OA-nya untuk mempublikasikan kegiatan yang akan atau telah dilaksanakan. Selain share kegiatan, OA juga digunakan untuk memberikan berbagai informasi penting yang perlu diketahui masyarakat seperti info bencana oleh Repsigama, info seputar fakultas oleh LM, dan berita tentang agama Islam oleh KMP. Tiga dari enam BKM pun setuju akan kemudahan feature Line@ dalam publikasi informasi karena akses yang mudah menyebar dan jaringan yang luas. Hal ini membuat para pengurus BKM menjadi lebih dekat dengan para anggotanya. Sementara itu, Palapsi mempunyai tujuan unik dalam share meme atau tulisan yang lucu. “Tujuannya untuk penghibur yang membaca,” ungkap Mayang, penanggungjawab OA Palapsi.

Untuk jangka waktu share, setiap BKM mempunyai kebiasaan masing-masing. KMP mempunyai target share minimal satu kali dalam sehari. Hal ini karena jadwal post harian yang berbeda-beda yaitu, pengingat puasa Senin dan Kamis setiap hari Minggu dan Rabu, berita terbaru tentang agama Islam dari seluruh dunia, serta Ayat of The Day. Selain itu, KMP juga mempunyai segmen khusus yang dinamakan Islamazing.

“Islamazing adalah kami membuka kepada seluruh kontributor untuk menyumbangkan tulisan, artikel, materi dakwah atau poster ke OA untuk diberi reward kepada tiga kontributor terbaik,” tutur Amrina, penanggungjawab OA KMP.

Palapsi mempunyai target share sekali dalam seminggu, sementara Repsigama dan KRST sekali dalam sebulan. Hal ini karena kebiasaan share yang hanya dilakukan pada saat berlangsung sebuah acara. Sementara itu, LM dan Psikomedia tidak mempunyai target share. Psikomedia mempunyai kebiasaan share saat hari raya dan akhir pekan untuk berbagi post seperti ucapan penyemangat, mengenai hari raya, puisi, tulisan di blog, quotes, dan psychopedia. Lain halnya dengan LM yang mempunyai menu dalam chat yang dapat diakses kapan saja.

Mengenai masalah efektivitas dalam penggunaan OA, setengah dari enam BKM setuju bahwa layanan Line@ cukup efektif untuk publikasi informasi.

“Cukup efektif untuk share kegiatan karena selama ini orang-orang belum tahu apa saja kegiatan Repsigama,” ucap Zidny, penanggungjawab OA Repsigama. Selain itu, informasi mengenai kebencanaan yang dipublikasikan oleh Repsigama seringkali membutuhkan respon yang cepat untuk tanggap darurat. Alasan berbeda disampaikan oleh LM, yaitu efektivitas penggunaan OA dilihat dari jumlah like dan share sehubungan dengan jumlah pengunjung dalam suatu acara yang di share. Sementara itu, Palapsi mengalami kendala ketersediaan gadget sehingga belum dapat memaksimalkan penggunaan OA. Banyaknya pengguna Line membuat KRST dan KMP sangat yakin akan efektivitas penggunaan OA mereka. Hal ini karena kebiasaan masyarakat zaman sekarang yang hampir setiap hari memandangi gadget masing-masing sehingga informasi yang dipublikasikan dapat dengan cepat tersampaikan.

Setiap OA BKM tentunya memiliki keunikan tersendiri karena mengangkat topik berbeda yang dipublikasikan. Selain topik yang berbeda dengan lainnya, LM juga mempunyai keunikan yaitu nama OA. Nama OA LM adalah Katarsis yang berarti kondisi saat seseorang meluapkan emosi. Selan itu, keunikan lainnya adalah OA ini dapat diakses dan di chat kapan saja.

“Jadi kalau malam-malam ada mahasiswa yang nganggur, Katarsis akan siap menemani,” ujar Dara, penanggungjawab OA LM. Sementara itu, berbeda dengan BKM lainnya, Psikomedia dan KMP ternyata mempunyai program open contributor untuk mengisi share dalam OA-nya. Psikomedia membuka open contributor untuk puisi, sementara KMP untuk post sesuai dengan tema tiap bulan. Selain itu, sebagai BKM berbasis keagamaan, KMP juga mempunyai potensi untuk jaringan yang lebih luas.

Seluruh BKM setuju untuk saling mendukung dalam pengelolaan OA ini. Setiap BKM tentunya mempunyai peran tersendiri dalam mempublikasikan informasi di OA masing-masing. Repsigama tentang kerelawanan, LM tentang kegiatan fakultas, Psikomedia tentang jurnalistik, Palapsi tentang pecinta alam, KRST tentang teater, dan KMP tentang agama Islam. Masing-masing BKM berharap untuk saling melengkapi dan mendukung secara moral. Beraneka ragam informasi ini juga dapat menambah pengetahuan. “Kita jadi tahu kegiatan antar BKM,” ucap Izza, penanggungjawab OA Psikomedia. Kondisi ketika hampir seluruh BKM di Fakultas Psikologi mempunyai OA memang hal wajar di zaman modern ini. Hal ini juga menjadi tanda kekompakan antar BKM.

Setiap hal tentunya mempunyai sisi positif dan negatif, begitu pula dengan OA yang mempunyai dampak positif dan negatif terhadap kelangsungan BKM. Dampak positif yang utama tentunya adalah mengenai penyebaran informasi.

“Kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan persebaran informasi,” ujar Vikra, penanggungjawab OA KRST. Pihak KMP berharap informasi yang mereka bagikan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Sementara itu, Psikomedia merasa lebih dekat dengan para pembaca melalui OA ini. Untuk negatifnya, Repsigama dan Palapsi setuju mengenai rawan adanya kesalahan dalam publikasi informasi yang dapat menyebabkan kesalahpahaman dan citra yang buruk. LM juga sering mengalami akses informasi melalui OA di waktu yang tidak tepat sehingga dapat menimbulkan gangguan.

Berikut di bawah ini adalah OA dari setiap BKM di Fakultas Psikologi, silakan di-add! Semoga selalu dapat menebarkan manfaat. [Deandra]

Repsigama

Nama OA : Repsigama

ID Line : @omu1344b

Lembaga Mahasiswa Psikologi

Nama OA : Katarsis

ID Line : @jtg6024x

BPPM Psikomedia

Nama OA : BPPM Psikomedia UGM

ID Line : @uhj5267g

Palapsi

Nama OA : Palapsi UGM

ID Line : @fyy7621d

KRST

Nama OA : KRST Psi UGM

ID Line : @mlj8843o

KMP

Nama OA : KMP UGM

ID Line : @dgq7394i

 

 

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed
More Stories
Mengubah Cemas Menjadi Santai