Berdamai dengan Stres Lewat Musik

Stres adalah salah satu permasalahan utama yang dihadapi masyarakat setiap harinya. Stres dapat berasal dari berbagai macam hal, seperti tugas kuliah yang menumpuk, tekanan organisasi, uang bulanan yang menipis, maupun perselisihan dengan teman. Stres dapat menyebabkan kelelahan secara mental dan perasaan negatif yang terus meningkat, sehingga seseorang kehilangan energi dan menjadi lebih tidak bahagia (Directorate General for Communication of the European Commission, 2010). Oleh karena itu, seseorang harus dapat mengelola stresnya dengan baik. Ada banyak cara untuk mengelola stres, salah satunya dengan musik.

Menurut sebuah penelitian, musik adalah salah satu metode paling mudah untuk melakukan regulasi emosi (Thayer, Newman, & McClain, 1994). Musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan emosi positif, yang tentunya dapat mengurangi tingkat stres yang ada pada seseorang. Namun, ternyata musik dapat menjadi pisau bermata dua. Meski dapat meningkatkan emosi positif, musik pun dapat menambah emosi negatif atau menjadikan tingkat stres bertambah. Jadi, kita harus pintar-pintar dalam memilih waktu dan jenis musik. Misalnya, memilih musik ballad pada saat sedang stres justru dapat menambah emosi negatif yang ada dalam diri. Untuk itu, Psikomedia menyajikan beberapa tips dalam mendengarkan musik yang dapat membantu regulasi emosi dan mengurangi stres.

1. Ikut menyanyi 

Pertama, ikut menyanyi dan menari sesuai irama musik yang Anda dengarkan. Dengan menyanyi, Anda dapat melakukan regulasi pernafasan serta membantu relaksasi. Tidak perlu suara yang merdu, kok,  untuk mulai menyanyi. Selain itu, menari sesuai irama juga dapat mengurangi ketegangan serta stres yang ada pada diri.

2. Putar di pagi hari

Kedua, putarlah musik di pagi hari. Ketika sedang bersiap- siap untuk kuliah atau kerja di pagi hari, tidak ada salahnya untuk membuat sebuah playlist khusus yang dapat membuat lebih semangat. Sesuaikan juga jenis musik dengan kegiatan yang akan dilakukan hari itu. Musik klasik dan instrumental dapat membantu Anda bangun dan beraktivitas secara tenang dan fokus, sementara musik yang lebih upbeat dapat dipilih untuk hari yang sibuk.

3. Putar di tengah kemacetan

Ketiga, jangan biarkan keadaan macet diisi oleh keheningan. Stres dapat muncul dari adanya berbagai masalah lalu lintas yang dihadapi setiap harinya. Dengan menggunakan musik, seseorang dapat mengurangi ketegangan yang ada dan mengurangi perasaan membuang- buang waktu di jalan. Musik dapat membantu menjaga ketenangan dan emosi negatif yang muncul dari terjebak macet. Anda bisa mendengarkan musik klasik, ritme yang menenangkan membantu untuk lebih siap menghadapi kemacetan serta hal- hal yang akan terjadi setelah itu.

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed
More Stories
SUPREMASI 2019 : SUARA MASYARAKAT PSIKOLOGI