Crazy Rich Asians dan Masalah Pernikahan yang Wajar di Sekitar Kita

Film tentang ketimpangan sosial bukan tema yang baru. Apalagi jika disokong oleh perusahaan besar seperti Warner Bros dan berdasarkan novel yang laris minta ampun. Crazy Rich Asians (2018) adalah film berbujet besar yang membawa problematika si kaya dan si miskin. Namun, ia tidak dibalut layaknya opera sabun atau sinema elektronik yang menawar fokus pada cara struggling si miskin. Segala jenis ke-glamour-an diruahkan pada aspek-aspek yang mengajak penonton punya anggapan ‘betapa asyiknya menjadi orang kaya’, semisal pakaian, makanan, transportasi, bahasa, dan properti.

Crazy Rich Asians yang tayang membawa tema besar ketimpangan sosial ini berfokus pada bagaimana dua insan Cina yang berbeda histori hidup bisa menyatu. Menyatu yang dimaksud tentu dalam tataran serius: pernikahan. Rachel Chu (Constance Wu) adalah kekasih Nick Young (Henry Golding) yang belum pernah tahu tentang latar kekayaan keluarga Nick. Lantaran ada pernikahan sahabatnya di Singapura, Nick dan Rachel terbang dari New York dengan pesawat yang membuat Rachel terheran-heran.

Di hadapan pertanyaan Rachel pemilik gelar profesor ekonomi itu, Nick jujur bahwa ia berasal dari keluarga kaya. Rachel tidak marah jika Nick baru bilang saat perjalanan. Ia hanya ragu-ragu bagaimana caranya bersikap di depan keluarga kaya. Termasuk calon ibu mertua, Eleanor (Michelle Yeoh).

Eleanor bersikap skeptis pada Rachel, tapi ia tidak apatis. Sesekali muncul kesinisan demi memunculkan anggapan bahwa derajat Rachel jauh di bawah derajat Nick. Puncaknya, saat mengolah adonan makan, percakapan Eleanor dan Rachel terdengar satir. Rachel yang mandiri justru diserempetkan pada anggapan tidak peduli keluarga. Rachel yang profesor itu memang benar-benar bukan ‘Asia’. Ia ‘Amerika’! Dan sebelum percakapan bubar, kerabat Eleanor ikut nimbrung, “(Amerika) Yang lebih suka ‘mempantijompokan’ orang tua.

Berada di Singapura adalah tantangan Rachel mengatasi kekikukan di hadapan keluarga kaya. Itu bagian utamanya. Sebagai sampingan, Rachel juga perlu struggle menghadapi permainan rebutan cowok a la cewek-cewek Asia yang pernah menaruh kagum pada Nick. Tentu mereka iri dan memandang Rachel sebelah mata.

Betapa ayemnya Rachel masih punya Peik Lin (Awkwafina) sahabat yang nyentrik, kucel, dan gemar berbaju tidur, dan Astrid Young (Gemma Chan), kakak Nick yang elegan. Rasa komedi pada Crazy Rich Asians sangat kental berkat kehadiran Peik Lin. Polahnya tidak pernah gagal dalam mengundang tawa. Begitu pula soal rasa kegetiran derajat sosial. Sikap santun Astrid berhasil mencapai puncaknya berkat keanggunan Astrid yang suaminya punya kekasih lain. Ia tak bisa marah tatkala melihat pesan menyakitkan di gawai suaminya. Astrid pintar merawat kedongkolan. Tapi namanya juga perempuan (perempuan juga manusia), bersikap jujur di hadapan laki-laki adalah pilihan terbaik ketimbang sakit berkepanjangan.

Adegan pernikahan kerabat Nick adalah adegan paling membekas di hati siapapun penonton. Lagu Can’t Help Falling in Love yang dibawakan Kina Grannis terdengar romantis. Slow motion disuguhkan bukan sebatas menyelaraskan musik pengiring, ia juga turut menjadi saksi saling liriknya Rachel dan Nick. Kira-kira, kalau dibayangkan, mereka punya keinginan serupa agar pernikahannya seromantis pernikahan sahabat Nick.

Permainan mahjong antara Nick, Eleanor, dan dua perempuan tunarungu di bagian akhir film menjadi adegan pemecahan masalah, bukan penyelesaian masalah. Masalah lanjut-tidaknya tokoh utama kita terpecah. Penyelesaian yang ditawarkan mungkin bisa dianggap aneh, mungkin juga tidak: Rachel hendak balik ke New York dan bersama ibunya mencari tempat duduknya, sementara Nick yang akhirnya direstui ibunya menyusul dan meminang Rachel di dalam pesawat. Happy ending pun tercipta. Saya ikut tepuk tangan—tapi dengan perasaan agak nggak nyaman kalau-kalau itu terjadi pada saya.

Ditulis oleh : Ananda Sevma

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed
More Stories
Stendhal Syndrome, Tertakjub oleh Seni!