Menyalurkan Aspirasi Rakyat melalui Aksi #GejayanMemanggil

#GejayanMemanggil!

Senin, 23 September 2019, bukanlah seperti hari-hari perkuliahan pada umumnya bagi mahasiswa Yogyakarta. Pasalnya, pada hari ini aliansi rakyat dan mahasiswa se-DIY melaksanakan aksi damai bertajuk “Gejayan Memanggil” yang dilaksanakan di Jalan Affandi atau lebih dikenal sebagai Gejayan.

Aksi ini murni bertujuan untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa & rakyat yang tidak setuju dengan kebijakan dan keputusan baik pemerintah maupun anggota dewan. Dilansir dari akun resmi aksi #GejayanMemanggil, aksi ini menyatakan tidak ditunggangi oleh pihak manapun dan bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintah, bukan untuk menjatuhkannya.

Baik orasi maupun aksi yang disampaikan disini disalurkan secara aman dan damai, tidak ada kegiatan vandalisme dan kekerasan yang dilakukan, baik dari pihak mahasiswa atau aparat keamanan. Setelah beberapa orasi disampaikan, terdapat hal menarik yang lain, yaitu seorang dosen yang turut menyuarakan aspirasinya di mimbar. Beliau dikenal sebagai Mbak Pipin, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada, yang berbicara banyak mengenai kebebasan berpendapat dalam bingkai demokrasi yang dirasa perlu dilindungi.

Semoga aksi ini dapat menjadi sebuah model kritik yang baik dan demokratis tanpa perlu saling menjatuhkan dan provokasi yang menyesatkan. (Syibly)

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed
More Stories
Workshop Jurnalistik