Oedipus Complex: Cinta Tidak Mengenal Perbedaan Usia

Saat ini di Indonesia banyak ditemukan pria muda yang menikah dengan wanita yang usianya terbilang jauh. Perbedaan usia ini tidak menjadi halangan bagi pasangan untuk tetap menjalin hubungan pernikahan. Apa yang menyebabkan pria lebih memilih wanita yang lebih tua darinya?

Dalam psikologi, kecenderungan untuk tertarik pada pasangan yang usianya jauh lebih tua dinamakan Oedipus complex. Menurut Sigmund Freud, pencetus istilah tersebut yang juga disebut sebagai Bapak Psikologi. Oedipus complex muncul dalam teori tahap perkembangan psikoseksual. Istilah ini diambil dari sebuah legenda di Yunani yang menggambarkan kelekatan yang kuat antara anak laki-laki dan ibunya. Perasaan itu juga disertai dengan cemburu dan kemarahan terhadap ayahnya. Menurut Freud, anak laki-laki ingin memiliki sang ibu dengan sepenuhnya dan melihat ayahnya sebagai pesaing untuk mendapatkan kasih sayang.

Penelitian terdahulu menemukan bahwa Oedipus complex banyak terjadi pada anak laki-laki karena memiliki sifat yang lebih terbuka. Faktor penyebab munculnya Oedipus complex ini yaitu terlalu dekat atau terlalu dilindungi oleh ibunya, selalu bergantung dengan orang lain, dan tidak terbiasa untuk mengambil keputusan sendiri sehingga ia butuh sosok yang lebih tua untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Oedipus complex mulai muncul pada tahun ketiga sampai kelima (masa phallic) fase odipal.

Fase odipal dapat mempengaruhi psikologis anak pada saat dewasa nanti. Anak akan memiliki perasaan bersalah yang berlebihan dan mengalami konflik secara emosional. Dalam teori perkembangan Freud, seseorang yang gagal untuk mengatasi konflik pada suatu tahapan (oral, anal, phallic, latency, dan genital) akan berakibat terhentinya perkembangan tersebut hingga dewasa.

Orang dengan gangguan ini cenderung sulit mendapatkan pasangan karena terobsesi dengan ibunya. Ia akan menuntut pasangannya sama dengan ibunya. Pria dengan Oedipus complex membutuhkan sosok seorang wanita yang memiliki karakter keibuan, dan mengayomi. Maka dari itu, pria mencari wanita yang lebih tua dari usianya sehingga merasa aman dan terlindungi.

Hipnoterapi dan psikoterapi oleh psikolog dapat diberikan untuk mengubah perilaku Oedipus complex. Terapi ini digunakan untuk mengetahui kondisi alam bawah sadar (unconscious) seseorang pada masa lalu yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahannya saat ini. Perubahan mindset juga diperlukan agar pria  tidak bergantung dan terobsesi dengan ibunya, sehingga dapat mencari wanita yang tidak jauh dari usianya. Sejatinya, seorang wanita membutuhkan pria yang dapat melindungi dan menjadi kepala keluarga.

Ditulis oleh: Farah Nadhifa Azarine 

 

References:

Mullahy, P. (1948). Oedipus myth and complex; a review of psychoanalytic theory. Oxford, England: Hermitage Press.

Oedipus complex. (2018, June 21). Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Oedipus_complex

Paris, J. (1976). The Oedipus Complex: A Critical Re-Examination. Canadian Psychiatric Association Journal, 21(3), 173-179. doi:10.1177/070674377602100308

 

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed
More Stories
Earth Hour, Lebih Dari Sekedar Mematikan Lampu