Resenpsy: Get Out (2017)

Judul: Get Out

Genre: Mystery/Thriller

Tahun: 2017

Pemain: Daniel Kaluuya, Allison Williams

Sutradara: Jordan Peele

Get Out menceritakan tentang Chris Washington (Daniel Kaluuya), laki-laki African-American berkulit hitam yang menjalin hubungan dengan seorang wanita berkulit putih, Rose Armitage (Allison Williams). Menganggap hubungan mereka sudah cukup matang, Rose memutuskan untuk mengajak Chris pergi berkunjung dan bertemu keluarganya di akhir pekan.

Cerita diawali dengan Chris mengepak pakaiannya sembari menunjukkan raut gelisah di wajahnya. Rose menduga bahwa kegelisahan Chris berasal dari rasa kecil hati dan kekhawatiran akan pertemuan dengan keluarganya nanti. Ia pun meyakinkan Chris bahwa keluarganya tidak rasis dan sangat menerima, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai keluarganya.

Sensasi mendebarkan di film ini dimulai saat mereka memulai perjalanan, dengan Rose di balik kemudi, secara tidak sengaja menabrak seekor rusa hingga mati. Singkat cerita, mereka sampai di tujuan dan disambut dengan kehangatan oleh kedua orangtua Rose. Dean, ayah dari Rose, adalah seorang ahli bedah saraf dan Missy, ibunya, adalah seorang psikiater yang mempunyai keahlian dalam hipnosis. Chris merasa ada keanehan saat Dean mengajaknya berkeliling sekitar rumah dan bertemu dengan dua orang pembantu dengan gerak-gerik dan tatapan yang aneh, Georgina dan Walter, yang juga berkulit hitam. Hari itu ditutup dengan makan malam bersama keluarganya Rose, termasuk dengan adiknya, Jeremy, yang sedang menuntut ilmu di bidang kedokteran. Bagaimanapun juga, Jeremy cenderung mulai menunjukkan sikap kasar terhadap Chris.

Keganjilan lain yang mulai muncul di film ini dialami oleh Chris saat ia hendak pergi ke halaman rumah mencari udara di tengah malam, dan tiba-tiba menjumpai Walter yang sedang berlari di halaman. Chris memutuskan untuk kembali ke dalam dan kemudian bertemu dengan Missy yang sedang duduk di kursi tamu dengan sebuah cangkir teh dan sendok di tangannya. Tanpa kesadarannya, Chris pun telah dihipnosis oleh Missy. Keesokan harinya, Chris bercerita kepada Rose mengenai hipnosis yang dilakukan Missy terhadap dirinya, dan Rose merasa bersalah dengan perilaku ibunya tersebut.

Puncak dari keganjilan yang dirasakan Chris terjadi saat acara kumpul-kumpul kerabat keluarga Armitage. Saat itu, ia menemui seorang laki-laki berkulit hitam lainnya yang menjadi tamu di acara tersebut, dan memperkenalkan dirinya sebagai Logan. Namun, Logan tidak menunjukkan gelagatnya sebagai lelaki berkulit hitam. Merasa janggal, Chris mengambil foto Logan menggunakan handphone-nya dan secara tidak sengaja, flash di kameranya juga ikut menyala. Tanpa diduga, Logan langsung menyerang Chris sambil berteriak, “Get out!”. Malamnya, Chris dan Rose pun memutuskan untuk kembali pulang.

Saat sedang bersiap-siap untuk kembali, Chris mengirim foto Logan ke Rod, sahabatnya yang merupakan seorang polisi, untuk memastikan keberadaannya. Rod segera memberitahu Chris bahwa orang yang di foto tersebut adalah Andre Heyworth, kenalannya yang memang telah hilang selama berbulan-bulan. Misteri tidak hanya berhenti di situ, Chris juga menemui kumpulan foto milik Rose dengan kekasih-kekasih lamanya, yang ternyata semuanya berkulit hitam, dan lebih anehnya, Georgina dan Walter juga terdapat di antara kumpulan foto tersebut.

Film Get Out sangat cocok bagi penikmat genre mystery, thriller, dan horror, ditambah dengan plot twist yang menjadi puncak dari keseruan film itu sendiri. Film ini juga mengaitkan isu terkini mengenai pandangan orang kulit putih terhadap orang kulit hitam. Dengan akting dari pemain dan campur tangan sutradara Jordan Peele yang luar biasa, film ini mendapat empat nominasi dari 90th Academy Awards dan memenangkan salah satu nominasi tersebut untuk Best Original Screenplay, menjadikan Jordan Peele sebagai sutradara African-American pertama yang memenangkan nominasi tersebut. [Lyzia]

More Stories
Resiliensi: Tetap Tegar Menghadapi Cobaan