The Power of Personality Development: Tentang Mimpi dan Passion

Ulasan buku karya Analisa Widyaningrum

Pernahkah kamu merasakan kegalauan dan keresahan dalam hidup? Atau pernahkah kamu bertanya-tanya tentang apa itu passion? Ya, Analisa Widyaningrum berhasil mengemas masalah-masalah tentang passion dengan sangat baik dan menuliskannya secara luar biasa melalui karyanya yang berjudul The Power of Personality Development. Buku yang diterbitkan pada April 2017  ini bukan hanya sekadar buku biasa yang hanya menjadi hiburan di kala penat. Buku ini lebih jauh daripada itu, buku ini mengisahkan bagaimana seorang Analisa—yang merupakan alumnus Fakultas Psikologi UGM dan penerima Djarum Beasiswaplus—berjuang menemukan passion dalam hidupnya. Analisa menyampaikan bahwa, menemukan passion hanyalah satu hal. Mengasah passion agar menjadi semakin tajam adalah hal lain. Menjadikannya sebagai suatu karier profesional adalah hal lain lagi.

Tampilan cover buku Analisa Widyaningrum

Sesuai judul artikel, buku ini memang banyak membicarakan tentang mimpi dan cita-cita. Di mana keduanya tidak lepas dari hal yang bernama passion. Meraih mimpi juga tidak lepas dari kekuatan yang harus diiringi kepercayaan diri yang cukup. Bicara soal mimpi, mimpi adalah hal yang harus dipersiapkan dengan matang, dalam meraihnya pun dibutuhkan strategi-strategi khusus. Analisa juga menjelaskan pentingnya menetapkan visi dan misi dalam hidup yang menjadi pendorong untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam setiap individu. Buku The Power of Personality Development menegaskan bahwa hidup merupakan sebuah perjuangan melalui berbagai rintangan. Untuk menjadi Analisa sekarang, ternyata sudah melewati berbagai proses panjang dan terpaan yang tentu tidaklah mudah.

The Power of Personality Development memberikan tips untuk mengembangkan kepribadian melalui passion, diantaranya mengenali diri sendiri dengan membangun kepercayaan diri yang matang. Menurut Analisa, kepercayaan diri hanya akan tumbuh pada orang yang memahami dirinya dengan baik. Siapa kita, apa yang ingin kita lakukan, kontribusi apa yang ingin kita berikan kepada masyarakat, keunggulan apa yang kita miliki, serta kekurangan apa yang perlu kita lengkapi.

Dalam hidup kita pasti akan bertemu rintangan dan banyak kegagalan. Namun, kegagalan hanyalah milik masa lalu yang dapat kita jadikan pelajaran untuk menjadi lebih baik di masa depan.

-Analisa Widyaningrum, dalam bukunya The Power of Personality Development.

Pada buku ini, Analisa Widyaningrum juga mengulas tentang kesabaran dan kekuatan hati. Sabar bukan hanya perkara berdiam diri, menerima apa adanya tanpa berusaha, lalu kemudian menyerah pada keadaan. Sabar adalah ketahanan untuk tetap berusaha dan yakin bahwa keadaan sulit ini pasti akan berlalu.

Cara penulis menuangkan pemikirannya melalui buku ini sangatlah terampil, pembaca dibuat seolah merasakan apa yang pernah dilalui penulis selama perjalanannya meraih mimpi. Tak hanya itu, Analisa menggunakan pendekatan-pendekatan dengan ilmu psikologi dalam bukunya, sehingga setelah membaca buku ini pembaca akan  termotivasi dan menjadi lebih bersemangat. Buku ini dikemas dengan bahasa sederhana yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari, khususnya kaum muda yang sedang berjuang dalam menumbuhkan semangat dan passion mereka. Tak lupa, penulis menambahkan ilustrasi-ilustrasi yang menarik, sehingga pembaca tidak akan bosan dengan alur penyampaian cerita dan teknik yang digunakan penulis.  

Analisa Widyaningrum merupakan seorang psikolog, motivational trainer sekaligus seseorang dengan kualitas public speaking yang sangat baik, juga merupakan influencer yang menggunakan media instagram dan youtube untuk memberikan konten-konten positif yang banyak membahas tentang ilmu psikologi. Tak hanya itu, Analisa juga merupakan spokeperson dari suatu brand kecantikan di Indonesia dan beliau merupakan seorang pebisnis yang andal. Kemampuan bisnisnya dapat dilihat dari kesuksesan biro psikologi dan pengembangan kepribadian yang didirikannya pada 2015, yang diberi nama “Analisa Personality Development Center”. Dari uraian di atas, pencapaian Analisa didapatkan melalui proses yang panjang yang tentu tidak mudah. Perjalanan yang diawali dengan mengenali passion, menetapkan visi, dan tidak menyerah dalam aksi.

Buku The Power of Personality Development merupakan buku yang dapat membangkitkan motivasi bagi pembacanya untuk semangat dalam berjuang menemukan passion. Bagi saya, buku ini sangat layak untuk dibaca karena memiliki makna dan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Bisa dibilang buku ini merupakan buku yang sangat ringan yang akan mengubah hidup para pembacanya.

Temukan passionmu dan semangat meraih mimpi!

Penulis: Nur Rohmah Itsnaini

Editor: Septania Nurdika

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed
More Stories
Memperingati Hardiknas, Yuk Cek Cara Belajar Berikut!