SUPREMASI 2019 : SUARA MASYARAKAT PSIKOLOGI

Belum lama ini, rangkaian kegiatan Pemilihan Umum Raya (Pemira) di Universitas Gadjah Mada (UGM) telah terlaksana. SUPREMASI 2019 sebagai rangkaian kegiatan Pemira di Fakultas Psikologi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa (KPRM) Psikologi juga turut meramaikan pesta demokrasi mahasiswa di UGM. Dilansir dari akun Instagram resmi KPRM Psikologi, rangkaian kegiatan ini diawali dengan diadakannya Tour de Faculty pada 4 November 2019.

Segenap mahasiswa Fakultas Psikologi turut mengikuti dan menyaksikan rangkaian kegiatan SUPREMASI 2019. Mulai dari mengikuti sosialisasi SUPREMASI 2019, mendengarkan orasi dari kedua calon ketua Lembaga Mahasiswa (LM) Psikologi UGM 2020, hari pencoblosan, hingga hari penghitungan suara.

Menurut Dwishinta Somantri, selaku Ketua KPRM 2018 dan Ketua Badan Pengawas Pemira 2019, terdapat peningkatan antusiasme dan partisipasi mahasiswa psikologi terhadap Pemira. “Tentunya Pemira tahun 2019 terdapat lebih banyak pemilih dibanding tahun sebelumnya. Antusias masyarakat psikologi lebih terlihat dan awareness orang-orang terhadap KPRM-nya sendiri lebih tinggi sehingga lebih banyak yang tahu apa itu KPRM,” tuturnya.

“Hal ini juga bisa dibuktikan dan dilihat dari antusias penonton saat sosialisasi SUPREMASI (acara Pemira Psikologi) dan acara debat orasi antar calon jauh lebih banyak dibanding tahun lalu. Intinya, Pemira tahun ini cukup berkembang dibanding tahun sebelumnya,” sambungnya lagi.

Rangkaian acara SUPREMASI 2019 berakhir dengan diadakannya penghitungan suara pada tanggal 20 November 2019 lalu yang dilakukan secara terbuka di Ruang B-104 Fakultas Psikologi UGM. Berdasarkan Surat Keputusan Hasil Akhir Pemira 2019 oleh KPRM Psikologi 2019, telah diputuskan bahwa Yahya Maulana Argito terpilih sebagai Ketua LM Psikologi UGM 2020 dengan total 269 suara dari 540 suara terpilih.

Berkaitan dengan hal itu, Dwishinta juga turut menyampaikan harapannya kepada pemimpin LM yang baru ini, “harapanku dan teman-teman psikologi untuk pemimpin LM selanjutnya, harus mampu untuk melaksanakan janji-janji yang sudah dipaparkan kepada masyarakat psikologi pada saat kampanye maupun ketika orasi dan debat. Terpilihnya pemimpin terebut dikarenakan masyarakat psikologi menunggu akan hal yang sudah dipaparkan untuk menjadi sebuah kenyataan. Kami juga mengucapkan selamat bertugas kepada calon terpilih,” ujarnya.

Penulis juga sempat mewawancarai salah satu peserta Pemira, IR, salah satu Mahasiswa Psikologi angkatan 2018. Ia mengungkapkan harapannya terkait terpilihnya Yahya sebagai Ketua LM Psikologi 2020. “Selamat untuk calon yang terpilih. Semoga bisa menjalankan amanahnya dengan baik, dapat memperbaiki kekurangan di tahun-tahun sebelumnya, semakin menyampaikan banyak aspirasi dari mahasiswa psikologi, dan visi misi dapat terwujud sehingga bisa membawa perubahan LM menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Semoga ketertiban dan antusiasme Pemira yang telah berjalan dengan lancar ini dapat terus terjaga dan menjadi semakin baik lagi. Bagi pemimpin LM Psikologi yang telah terpilih, semoga dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dan memenuhi berbagai harapan masyarakat psikologi itu sendiri.

Selamat mengemban tugas untuk Yahya Maulana Argito!

(Adis dan Yumna).

More Stories
Di Balik Layar: Co-Fasilitator PPSMB UGM