Tips Membagi Waktu di Perkuliahan untuk Camaba

Periode semester genap telah berakhir, tetapi siswa kelas 12 SMA masih disibukkan dengan beragam ujian penerimaan mahasiswa baru. Antusiasme yang tinggi bercampur dengan rasa was-was. Dunia perkuliahan itu seru, kata sebagian orang. Namun, ada pula yang tidak setuju dan mengeluhkan rangkaian tuntutan tugas dan tanggung jawab.

Berbeda dengan masa sekolah, urusan di perkuliahan tidak hanya tugas akademik untuk nilai semata, namun juga tugas organisasi dan kepanitiaan. Sebagian lagi masih membagi waktunya untuk bekerja. Tak jarang, urusan rapat bertabrakan dengan agenda lain. Nah, untuk kalian calon-calon mahasiswa baru, ada beberapa tips nih supaya kalian gak kelabakan bagi waktu nantinya.

  1. First things first

Susun skala prioritas! Apabila ada beberapa agenda dalam jadwal yang sama, pilih yang agendanya lebih mendesak. Sebagai contoh, rapat besar satu organisasi lebih mendesak daripada rapat laporan mingguan organisasi lainnya.

  1. Seimbangkan kegiatan

Ikut banyak organisasi dan kepanitiaan memang akan terlihat baik di CV, tetapi jangan lupa prioritas utamamu, ya! Tetap selesaikan kegiatan akademik walaupun kamu mengikuti banyak organisasi.

  1. Rencanakan aktivitas mingguan

Padatnya kegiatan terkadang dapat membuat lupa bahwa di waktu yang berdekatan kamu sudah membuat janji lain. Weekly planner really helps! Planner dalam jangka mingguan efektif karena kamu bisa mengatur kapan bisa bersantai dalam seminggu. Daily planner hanya berfokus pada aktivitas hari yang sama dan monthly planner mencakup terlalu luas.

  1. Do catch-ups

Kalau kamu berhalangan mendatangi suatu kegiatan, pastikan bertanya perkembangan acara tersebut pada anggota lain. Ini menunjukkan bahwa kamu tidak melepaskan tanggung jawab walaupun tidak hadir.

  1. Don’t forget to chill!

Tugas kuliah dan tuntutan program kerja akan sangat menyita waktu dan menguras tenaga. But it’s okay to take a break sometimes. Jangan lupa bahwa untuk bekerja secara optimal, kamu pun perlu beristirahat.

 

Untuk kamu yang akan segera mengenyam dunia perkuliahan, good luck!  Membagi waktu memang akan terasa sulit terkadang, tetapi akan terasa lebih mudah apabila kamu tahu prioritasmu. You can’t control time, but you sure can manage it. (Kinan)

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed
More Stories
Gender Neutral